Friday, August 13, 2010

Lebaran, KH. Ahmad Dahlan Ramaikan Bioskop

Sebuah film yang bertutur tentang kepahlawanan tokoh nasional KH. Ahmad Dahlan akan memeriahkan hari Raya Idul Fitri 2010. Pasalnya, film berjudul "Sang Pencerah" tersebut akan mulai tayang di bioskop-bioskop Tanah Air pada hari itu.

Sutradara film yang diberi judul 'Sang Pencerah' tersebut, Hanung Bramantyo, mengatakan, film epik kolosal tersebut akan di-premier-kan pada 9 September 2010, dan saat ini sedang dalam tahap editing.
"Tunggu saja, ya,” katanya.
Untuk menggarap film ini, Hanung menghabiskan dana hingga Rp.12 miliar. Dana sebesar ini terbanyak digunakan untuk membangun setting agar film "Sang Pencerah" menjadi realitis, sesuai situasi dan keadaan kala itu. Ini membuat kota Yogyakarta yang menjadi lokasi utama shooting, dipermak sedemikian rupa sehingga mencuatkan nuansa tahun 1800-an, tahun dimana KH. Ahmad Dahlan hidup dan berusia 22-23 tahun. Bahkan lantai marmer Keraton Yogya 'disulap' menjadi lantai tanah dengan cara menutupi lantai tersebut dengan tanah.
”Kita ngotor-ngotori rumah orang, he-he-he,” Hanung berkelakar.
Aktor Lukman Sardi dipercaya memerankan tokoh KH. Ahmad Dahlan. Bintang lain yang berlakon di film ini di antaranya Zaskia Adya Mecca, Giring Nidji, Iksan Idol, Slamet Rahadjo, Ikranegara, Yatti Surachman, Dennis Adishwara, Abdurahman Arief, dan Mario Irwinsyah. (sumber; kcm)

No comments:

Post a Comment