Friday, September 24, 2010

Desainer Top Indonesia Dituduh Sandera Keponakan

Perancang busana ternama Indonesia, Poppy Darsono, harus berurusan dengan polisi karena dilaporkan adik kandungnya sendiri, Dadang Niko Dharsono, 45 tahun. Tuduhannya tak main-main; menyandera Gadis Prameswari Kusuma Wardani (13 tahun), anak kelima Dadang.

Pengacara Dadang, Junimart Girsang, seperti dikutip Vivanews.com mengatakan, Poppy dikaporkan ke Polda Metro Jaya pada Jumat (24/9/2010) siang dengan tuduhan melanggar pasal 330 tentang penyaderaan anak.
"Hukumannya maksimal tujuh tahun penjara," kata Junimart seraya memperlihatkan berkas laporan Dadang yang bernomor: LP/3262/IX/2010/PMJ/Direskrimum.
Dijelaskan, Gadis adalah anak dari pasangan Dadang dengan Ivoni Grace (42 tahun). Penyanderaan bermula pada 1997 saat Gadis berusia tujuh bulan. Ketika itu Poppy ingin merawat anak itu, dan berjanji mengasuh hanya beberapa hari. Namun hingga waktu yang dijanjikan, anak itu tetap dirawat Poppy dan tidak dipulangkan kepada orangtuanya.
Berbagai alasan disampaikan Poppy saat pasangan orangtua Gadis meminta anaknya untuk dipulangkan. "Poppy bilang Gadis lagi sakit flu, entar aja beberapa hari lagi biar sembuh dulu" ujar Junimart.
Selanjutnya, setiap kali Dadang dan Ivoni hendak menjemput anaknya, Poppy selalu beralasan bahwa Gadis sedang sakit dan sempat dirawat di rumah sakit.
Puncaknya, sejak tahun 2004 hingga 2010 kedua pasangan itu tidak dapat menemui anak yang berada di pengasuhan Poppy. "Kami lalu melaporkan dia (Poppy) ke polisi," ujar Junimart.
Dihubungi terpisah, Poppy Darsono membantah keterangan dari pihak Dadang. Poppy mengaku tidak pernah menculik Gadis. "12 Tahun yang lalu, Dadang dan Voni sendiri yang mengantar ke rumah saya bersama dengan ibu saya," kata Poppy saat dihubungi VIVAnews.
Poppy mengaku saat dilahirkan, Gadis tidak terawat oleh orangtuanya. "Saya ditawari untuk merawat Gadis, saya bilang boleh-boleh saja," jelasnya.
Hingga usia tiga tahun, lanjut Poppy, tidak pernah ada masalah dalam pengasuhan Poppy. Bahkan setiap Gadis ulang tahun, Dadang selalu hadir merayakan ulang tahun.
Saat Gadis belajar berjalan, ternyata ada keanehan. Gadis tidak bisa berjalan normal, kakinya diseret.
"Saya bawa ke dokter dan ternyata Gadis mengidap kerusakan otak yang menyebabkan syaraf motoriknya tidak bisa menerima instruksi dari otak," kata Poppy.
Penyakit itu kata Poppy bukan karena diasuh olehnya. "Kata dokter itu sudah diidap sejak kecil," jelasnya.

No comments:

Post a Comment