Wednesday, October 6, 2010

K-Pop Dituding Sebagai Penyebab Maraknya Kasus DBD di Thailand

Pemerintah Thailand menuding grup cewek asal Korea, K-Pop, sebagai salah satu penyebab merebaknya kasus demam berdarah dengue (DBD) di negaranya. Pasalnya, grup asal Korea ini selalu tampil dengan hot pants, dan ditiru para remaja di negara gajah putih itu. Nah, lho!

Seperti dilansir MBC "News Today", Rabu (6/10/2010), ketika diwawancarai, Wakil Direktur Departemen Kesehatan dan Kesejahteraan Thailand mengatakan, saat ini kaum muda Thailand telah meniru gaya pakaian Korea yang cenderung pendek.
"Ini membuat mereka lebih memiliki kemungkinan untuk digigit nyamuk. Kami menghimbau mereka untuk menggunakan pakaian yang lebih panjang agar terhindar dari demam ini,” katanya.
K-Pop memang sedang populer di Thailand sehingga para remaja di sana tak segan-segan meniru cara berpakaian mereka yang selalu mengenakan hot pants, dan menamakan gaya berpakaian seperti itu dengan sebutan “Korean Style”. Remaja di sana seperti tak peduli kalau kasus DBD sedang merajalela di negaranya.
Data terakhir menyebutkan, pada tujuh bulan pertama tahun ini (Januari-Juli 2010), angka penderita penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk aedes aegypti ini telah menembus angka 45.000 orang dimana 43 di antaranya meninggal. Kabanyakan para korban dari kalangan muda.
Tingginya angka penderita DBD tersebut membuat pemerintah Thailand sempat melarang penggunaan legging bewarna hitam, karena warna gelap menarik perhatian nyamuk aedes aegypti untuk hinggap, dan celana legging yang ketat dan tipis membuat gigitan nyamuk penyebab DBD itu dapat mengenai kulit.
"Saya mencemaskan tentang bagaimana cara orang berpakaian, terutama pada kalangan remaja," keluh Deputi Menteri Kesehatan Masyarakat, Phansiri Kulanartsiri.
Untuk mengganti legging warna hitam yang juga sedang ngetrend di kalangan remaja Thailand, Phansiri menganjurkan para remaja memilih pakaian dengan bahan yang lebih tebal dengan warna-warna yang lebih lembut seperti krem, khaki dan putih susu. Jeans dinilai bisa menjadi pilihan yang baik untuk mencegah gigitan nyamuk demam berdarah.
"Lebih baik mengenakan warna-warna terang dan memakai celana yang dapat melindungi terhadap nyamuk, seperti jins,” lanjutnya.
Tak heran jika K-pop yang melambung antara lain karena lagu berjudul 'Abracadabra', dipersalahkan atas tingginya kasus DBD di negara itu.

No comments:

Post a Comment